Jumat, 14 Desember 2012

0 Membuat dan menggunakan Data Environment

Data Environment merupakan fasilitas yang disediakan Microsoft Visual Basic 6.0 yang digunakan media penghubung program yang di buat dengan database, biasanya dalam program digunakan untuk membuat laporan. Pertama- tama kita membuat Data Environment yang masih kosong dengan cara klik kanan project explorer, klik add dan kemudian pilih Data Environment. Jika kebingungan lihat gambar dibawah ini.


Berikut Tampilan Data Environment yang belum di apa-apakan.


Untuk mengisi Data Environment agar dapat digunakan pertama-tama klik kanan Connection1, klik properties , pilih jenis database yang digunakan ( note: pilih microsoft jet 4.0 ole provider jika database yang di gunakan adalah Microsoft acces 2007), klik next untuk mengatur letak database disimpan , setelah itu klik test conection. Jika berhasil , maka program telah terkoneksi dengan database. Langkah pertama selesei, selanjutnya karena yang terkoneksi hanya databasenya belum isinya yaitu tabel, query dan kawan- kawan-nya maka kita lanjut ke langkah yang kedua.

Klik kanan lagy connection1, klik add command. maka akan muncul command1. Sama halnya connection1,  klik kanan command1 > klik properties > pilih object database maka akan muncul object datbase seperti table untuk tabel, view untuk query, dll > terus pilih nama object ( disini jika pada object database memilih table, maka pada name object akan muncul nama-nama yang pada databese berbentuk table).  Pada Properies ini pada tab genaral terdapat 2 pilihan pemilihan koneksi secara manual dan otomatis. Untuk cara otomatis telah dijelaskan diatas. Untuk cara yang manual membutuhkan penjelasan SQL. Cari saja sendiri ya apa itu SQL dan cara penggunaan SQL di Google.

Sekian dulu, semoga bermanfaat tutorial Data Environment pada microsoft visual basic 6.0.

0 komentar:

Posting Komentar

 

TUTORIAL KARTIWA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates