Kamis, 10 April 2014

0 Pemrograman Java Dasar dengan Netbeans

Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi OOP (Object Oriented Programming), yaitu suatu metode pemrograman yang berorientasi pada Objek, tujuannya untuk mempermudah pengembangan program dengan mengikuti model yang sudah ada pada kehidupan sehari-hari. Saya ambil contoh sebuah Mobil, mobil adalah sebuah Object yang terbentuk dari beberapa objek-objek yang lebih kecil lagi sepeti Mesin, Roda, Kursi, Stir dll. semua nya saling terhubung, berinteraksi, dan berkomunikasi satu sama lainya, nah begitu juga dengan program sebuah objek yang besar terbentuk dari objek-objek yang kecil dan objek-objek itu saling berinteraksi/ mengirimkan pesan dengan objek-objek lainya.
Dalam Pemrograman berbasis Objek, dikenal dengan beberapa elemen-elemen dasar diantaranya :

a. Class penggambaran dari sebuah object. mari kita ambil contoh sebuah alat transportasi, kita tahu bahwa banyak sekali alat transportasi seperti mobil, motor, sepeda, pesawat, kereta nah kita anggap alat transportasi itu sebagai sebuah class.
kemudian pada sebuah kendaraan kita tahu ada terdapat merk, type kendaraan, tahun pembuatan, no kendaraan dll, nah kita anggap itu sebagai sebuah properties.
Selanjutnya sebuah kendaraan itu kita tahu bisa bergerak maju, mundur, bergerak kekiri dan kekanan, mari kita anggap itu sebuah Method.


public class transportasi
{
    public static void main(String[ ] args)
   {
       kendaraan mobil=new mobil();
    }
}

b. Inheritance merupakan proses pewarisan data dari method dan variable class super kepada sub class

public class anak extends bapak
{
    public class anak()
   }
       //program
   }
}

c. Polymorphism merupakan kemampuan objek dapat menerima banyak bentuk. dicontohkan sebuah method dapat mempunyai nama yang sama tetapi dapat menerima parameter yang berbeda.

public belajarpoly (String a) {}
public belajarpoly (String a, int b {}

d. Encapsulation yaitu mengemas sebuah object sehingga ketika akan digunakan kita tidak perlu tahu tentang detail implementasinya, user hanya mengetahui variable input dan ouput.

public void setNama(string a)
{
}
public string getNama()
{
}
Set adalah proses pemberian nilai kedalam method agar selanjutnya dapat diolah, sedangkan Get  proses mendapatkan nilai yang telah diolah

e. Event adalah metode untuk menangani suatu kejadian atau aksi yang diberikan user kepada suatu program, ada 3 jenis event yaitu :
  • Event source : komponen yang mendapatkan sebuah event, yang dapat ditangkap oleh event listener.
  • Event Listener : komponen yang menangkap event yang diberikan oleh event source
  • Event handler : penanganan yang menentukan proses selanjutnya setelah mendapatkan event.
 Contoh : teman saya lapar, saya mempunyai makanan(source), saya mengetahui teman saya lapar(listener), maka saya memberi makanan itu ke teman saya (handler).


f. Exception adalah suatu pengecualian yang terjadi selama program berjalan.

g. Try -Catch merupakan penangkap exception atau kesalahan pada blok try untuk kemudian diberikan pada clause catch.

Try
{
    // program
}
Catch (exception e)
{
    JOptionpane.showMessage (null, e.getMessage());
}

PROGRAM SEDERHANA
sekarang kita akan coba membuat contoh program sederhana Java, untuk menjalankan program java kita memerlukan yaitu JDK (Java Development Kit) yaitu software yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis java, nah teman tinggal download software nya di
 http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk-7-netbeans-download-432126.html
   
 JDK yang akan teman install tersebut nantinya sudah bundled dengan Netbeans yaitu sebuah editor java yang nantinya kita gunakan untuk menulis, compile dan eksekusi program.
pada tulisan ini saya tidak akan membahas bagaimana install program JDK dan Netbeans nya yah, karena sangat mudah sekali, teman tinggal install softwarenya. ok langsung aja kita buat contoh program sederhana nya.
1.  buka software Netbeans kemudian pilih New Project
 

 
 2. pilih kategori java dan projects Java application, dan klik Next

3. buat nama project Hello kemudian finish


4. buatlah contoh program sederhana untuk menampilkan fungsi print kata seperti gambar berikut, setelah itu run project.



PROGRAM GAME LOGIC SEDERAHANA JAVA
1. teman buat kembali New Project dengan nama Fizzbuzz


ok teman, itu adalah 2 contoh program sederhana java dengan menggunakan editor Netbeans, nanti kita sambung lagi dengan contoh2 program java lainya, semoga bermanfaat.

0 Belajar Konsep Dasar Pemrograman Java Dengan Netbeans

Dasar Pemrograman Java

Java sebagai salah satu bahasa pemrograman baru menjanjikan banyak kemudahan bagi programmer junior ataupun senior. Tutorial/artikel ini akan membawa Anda mengenal lebih jauh bahasa ini melalui pembahasan konsep model perancangan dan petunjuk sederhana penggunaannya.
Dasar Pemrograman Java
Dasar Pemrograman Java

Apakah Java?

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. Bahasa pemrograman ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun sudah dirancang agar lebih mudah dipakai dan ­platform independent.

Platform Independent

Platform independent berarti program yang ditulis dalam bahasa Java dapat dengan mudah dipindahkan antar berbagai jenis sistem operasi. Aspek ini sangat penting untuk dapat mencapai tujuan Java sebagai bahasa pemrograman Internet di mana sebuah program akan dijalankan oleh berbagai jenis komputer dengan berbagai jenis sistem operasi. Ini berlaku untuk level source code dan binary code dari program Java. Lain dengan bahasa C dan C++, semua tipe data dalam bahasa Java mempunyai ukuran yang konsisten di semua jenis platform. Hasil dari mengkompile source code Java bukanlah kode mesin atau instruksi prosesor yang spesifik terhadap mesin tertentu, melainkan bytecode yang berupa file berekstensi .class. Bytecode tersebut dapat langsung Anda eksekusi di tiap platform yang dengan menggunakan Java Virtual Machine (JVM) sebagai interpreter terhadap bytecode tersebut.
JVM sendiri adalah sebuah aplikasi yang berjalan di atas sebuah sistem operasi dan menerjemahkan bytecode program Java dan mengeksekusinya, sehingga bisa dianggap sebagai sebuah interpreter. Dengan cara ini, program Java yang telah dikompilasi akan dapat berjalan di platform berbeda, asalkan berisi JVM. Kompiler dan interpreter untuk program Java berbentuk Java Development Kit (JDK) yang diproduksi oleh Sun Microsystems yang dapat didownload gratis pada situs resmi java.sun.com.

Library

Selain kompiler dan interpreter, program Java memiliki library yang cukup besar yang dapat mempermudah Anda dalam membuat sebuah aplikasi dengan cepat. Library ini sudah mencakup untuk database, grafik, desain user interface, kriptografi, jaringan, suara, dan lain-lain.

OOP

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming) secara gamblang adalah teknik untuk mengorganisir program dan dapat dilakukan dengan hampir semua bahasa pemrograman. Namun program Java sendiri telah mengimplementasikan berbagai fasilitas agar seorang programer dapat mengoptimalkan teknik pemrograman berorientasi objek.
Sedikit perbandingan tambahan dengan bahasa C dan C++, bahasa Java banyak mewarisi konsep orientasi objek dari C++ namun dengan menghilangkan aspek-aspek kerumitan dalam bahasa C++ tanpa mengurangi kekuatannya. Hal ini dapat mempermudah programmer pemula untuk mempelajari Java namun mengurangi keleluasaan programmer berpengalaman dalam mengutak-atik sebuah kode program. Di balik kemudahan yang ditawarkan Java, besarnya fasilitas library Java sendiri membuat seorang programer membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk dapat menguasai penggunaan library-library tersebut.

Contoh Program Java Dasar

public class Main
{
/*program java pertama saya*/
public static void main (String[ ] args)
{
//menampilkan string Hello World pada layar
System.out.println(“Hello World”);
}
}

Analisa Program

public class Main {

}
1) Nama class -> Main
2) Specifier Public -> Class Main mempunyai akses yang bebas ke class yang lain
public static void main (String[ ] args) {

}
1) Method utama dalam class Hello
2) Method utama merupakan suatu titik awal dari sebuah program java
System.out.println(“Hello World”);
1) Menampilkan teks Hello World pada layar

Penutup

Untuk saat ini Anda telah mempunyai gambaran tentang bagaimana proses pembuatan program Java secara sederhana dalam bentuk aplikasi biasa. Anda juga dapat mencoba mengembangkan program sederhana tersebut sesuai dengan keinginan Anda berdasarkan hal-hal yang sudah Anda ketahui. Konsep dasar yang sudah Anda dapatkan akan dikembangkan lebih lanjut dalam topik-topik tutorial selanjutnya. Selamat mencoba!

Rabu, 06 Maret 2013

0 Konsep Algoritma Pemrograman

Sebelum belajar algoritma pemrograman, akan lebih baik kita pahami terlebih dahulu langkah-langkah pembuatan suatu program. Terdapat beberapa langkah umum dalam pembuatan suatu program yaitu:
  1. Mendefinisikan masalah
  2. Mencari solusinya
  3. Menentukan algoritma
  4. Menulis program
  5. Menguji program
  6. Mendokumentasikan program
  7. Merawat program
Mendefinisikan masalah
Langkah yang pertama dilakukan adalah mendefinisikan permasalahan. langkah ini harus dilakukan untuk menentukan masalah yang ada serta ditentukan pula input dan output program.
Mencari solusi
Kemudian ditentukan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Bila untuk mendapatkan solusi harus melalui langkah yang terlalu rumit dapat dilakukan pembagian masalah dalam beberapa modul-modul kecil agar mudah untuk dikerjakan. Lalu modul-modul kecil tersebut digabungkan menjadi satu untuk dapat menentukan solusi.
Menentukan algoritma
Dalam pemilihan algoritma, pemrogram atau analis harus menggunakan algoritma yang sesuai dan efisien untuk masalah yang dihadapi.
Menulis program
Penulisan program bisa dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dikuasai dan memiliki kompabilitas dengan perangkat keras yang akan menggunakan program tersebut.
Menguji program
Bila program sudah selesai dibuat, pengujian diperlukan untuk mengetahui apakah program yang dibuat sudah layak untuk digunakan.
Mendokumentasikan program
Penulisan dokumentasi yang biasanya dilupakan oleh pemrogram menjadi sangat penting saat akan dilakukan perubahan pada program yang dibuat. penulisan program ini dapat dilakukan dengan menulis komentar pada source code tentang kegunaannya (variabel, parameter, procedur, fungsi).
Merawat program
Program yang sudah selesai dibuat juga perlu dirawat dengan pendeteksian bug yang belum diketahui sebelumnya juga penambahan fasilitas baru yang mempermudah pengguna program.
Dari penjelasan diatas, dapat kita peroleh kesimpulan bahwa pembelajaran algoritma pemrograman adalah bagian dari langkah-langkah pembuatan program. Untuk lebih jelasnya tentang algoritma pemrograman akan diulas sebagai berikut :
Algoritma
Algoritma yaitu kumpulan langkah-langkah / steps untuk menyelesaikan masalah menggunakan komputer (program komputer) dengan syarat tertentu. Adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut :
  1. Setiap langkah harus DEFINITE (pasti, tertentu), dalam algoritma terdapat instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu.
  2. Minimum mempunyai 1 output (input boleh tidak ada)
  3. Harus ada stoping criteria (bisa berhenti).
Algoritma juga mempunyai beberapa jenis yaitu :
  1. Sequence, instruksi dikerjakan berurutan (sekuensial).
  2. Selection, instruksi dikerjakan bila kreteria tertentu terpenuhi.
  3. Iteration, instruksi dikerjakan selama memenuhi kondisi tertentu.
  4. Concurrent, mengerjakan banyak instruksi secara bersama.
Contoh algoritma
Algoritma menghitung luas persegi.
  1. Masukkan sisi (S)
  2. Luas <- S * S
  3. Tulis Luas
Untuk menulis suatu penjelasan cara menyelesaikan masalah dapat pula digunakan Pseudo Code yaitu berupa pengkodean atau penandaan yang menyerupai suatu program. Pseudo Code ini sering digunakan dalam penulisan algoritma.
Contoh : Mencari bilangan terkecil dari dua bilangan yang dimasukkan.
Algoritma :
  1. Masukkan bil pertama
  2. Masukkan bil kedua
  3. Jika bil pertama < bil kedua maka kerjakan langkah 4, bila tidak maka dikerjakan langkah 5.
  4. Tampilkan bil pertama
  5. Tampilkan bil kedua
Pseudo code:
  1. Input x
  2. Input y
  3. If x < y then langkah 4 else langkah 5
  4. write x
  5. write y
Dari penjelasan diatas tampaklah perbedaan antara penulisan algoritma dalam bentuk tertentu. Dengan begitu akan lebih mudah dipahami oleh pemrogram dan orang lain yang ingin di beri pemahaman.
Selamat belajar.

0 Cara Mudah Belajar Algoritma Pemograman dengan C++

Tujuan nya adalah untuk memudahkan pembuatan program baik yang sederhana maupun yang kompleks.
Yang dimaksud dengan program adalah kumpulan intruksi yang digunakan untuk mengatur computer agar melakukan suatu tindakan tertentu.
Suatu program ditulis mengikuti kaidah bahasa pemograman tertentu. Bahasa pemograman dapat di analogikan dengan bahasa yang digunakan  manusia (bahasa manusia). Kumpulan intruksi dalam bahasa manusia yang berupa sejumlah kalimat dapat anda analogikan dengan suatu program.
Dalam konteks pemograman, terdapat sejumlah bahasa pemograman, seperti : Pascal, C, C++, dan Basic.

Baiklah untuk mempersingkat waktu dengan cara menganalisis riset dari suatu masalah dan membuat algoritma sederhana transaksi pembayaran pada swalayan yang menggunakan seleksi fungsi if else untuk membuat program transaksi pembayaran.

Permasalahan :
Suatu swalayan memberikan diskon sebesar 10 % bagi siapa saja yang berbelanja sebesar Rp100.000  atau lebih. Buatlah algoritma untuk menghitung nilai uang yang harus dibayar oleh pembeli.
Solusi: Pemecahan masalah ini dalam bentuk diagram alir data dan pseudecode  dapat dilihat pada gambar berikut.
  1. Masukkan (pembelian)
  2. Jika pembelian >= 100000 maka diskon ß 0.1* pembelian sebaliknya diskon 0 akhir-jika
  3. pembayaranß pembelian – diskon
  4. tampilkan (pembayaran
Flowchartnya :

 


 





Demikianlah riset contoh algoritma toko swalayan sederhana yang telah menjadi program transaksi yang sederhana.

Senin, 25 Februari 2013

0 Download TeamViewer Terbaru 2013 KONEKSI JARAK JAUH


Halo sahabat kali ini saya mau share software update dari TeamViewer yaitu Team Viewer adalah sebuah software yang dapat mengendalikan komputer dari jarak jauh melalui jalur koneksi internet. Dengan aplikasi ini, Anda seolah olah berada di depan komputer lain walaupun berada jauh dari komputer tersebut. Teknologi ini dikenal juga dengan nama Remote Desktop, dimana Anda dapat menggunakannya untuk, membantu teman/kerabat menyelesaikan masalah di komputernya, bertukar data dalam ukuran yang besar, bekerja secara online, memulai pertemuan onlne atau hal - hal lainnya dari jarak jauh. Aplikasi ini merupakan aplikasi wajib bagi Anda para professional di bidang networking, teknisi, mahasiswa, pekerja kantoran, dan untuk Anda yang tertarik untuk mencoba keajaiban dari software gratis ini.

Update di versi ini :
- Fix beberapa bug dari versi sebelumnya

Minimum Requirement : (Bergantung pada Sistem Operasi Anda)
ProcessorPentium/AMD 1.5 GHz
Memory512 MB of RAM
Kapasitas Hard disk20 MB
KLIK DIBAWAH INI UNTUK DOWNLOAD

Download TeamViewer v8.0.16642  
  
 

TUTORIAL KARTIWA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates