Kamis, 10 April 2014

0 Tutorial Java NetBeans - Membuat Form Anak.flv







0 Tutorial Java untuk Pemula: Membuat Desain Sederhana di Netbeans

Tutorial Java untuk Pemula: Membuat Desain Sederhana di Netbeans
Hallo teman-teman, apa kabar?
Pada kesempatan ini, saya sedang belajar tutorial Java tentang bagaimana menyisipkan Label pada Form. Ini digunakan untuk menampilkan teks. Saya menulis di sini dari mulai menyimpan proses file hingga menjalankan aplikasi.

Mari kita mulai:
1.      Buka Netbeans IDE 6.8
2.      File – New Project
3.      Tentukan:
Categories: Java
Projects: Java Application
Look at this Figure:
4.      Next
5.      Tentukan:
Project Name: JavaApplicationSimpleDesign
Project Location: C:\wamp\www\100java
Lihat gambar berikut ini:
6.      Finish
7.      Lihat gambar ini:
8.      Klik kanan pada javaapplicationsimpledesign (Tanda merah pada gambar di atas)
9.      New – Jframe Form
10.  Edit Class Name: NewJFrameSimpleDesign
11.  Lihat gambar ini:
12.  Finish
13.  Kita mendapatkan hasil seperti berikut:
14.  Klik Label pada palette pane (lingkaran merah di sebelah kanan)
15.  Klik di Form (Lihat tanda panah!)
16.  Cari Text pada Properties (di bawah menu Label)
17.  Ketik: Hello...!
18.  Klik Form
19.  Lihat “Hello...!” sudah tampil
20.  Klik lagi Label pada palette pane (lingkaran merah di sebelah kanan)
21.  Klik pada Form (Lihat tanda panah!)
22.  Cari Text pada Properties (di bawah menu Label)
23.  Ketik: “Bismillah, I begin to learn Java programming”
24.  Klik Form
25.  Lihat “Bismillah, I begin to learn Java programming” sudah tampil
26.  Simpan
27.  Untuk mengedit posisi teks, kita dapat melakukan metode drag and drop
28.  Run – Run File
29.  Hasilnya sebagai berikut:
30.  Untuk berhenti dari latihan kita: klik close button (baca di sebelah kanan sudut atas)
31.  File – Exit
Semoga berhasil!
***
Sampai jumpa



0 Contoh Perintah Dasar Pemerograman Java

PENGGUNAAN TIPE DATA INTEGRAL
public class contohperhitungan {
    public static void main(String[] args){
        byte a = 1;
        short b = 12;
        int c = 300, d, e;
        d = a + b + c;
        e = a * b * c;
        System.out.println("Hasil penjumlahan = " + d);
        System.out.println("Hasil Perkalian = " + e);
    }
}

PENGGUNAAN TIPE DATA FLOAT
public class luaslingkaran{
    public static void main(String[] args) {
        double pi = 3.1416;
        double r = 2.12;
        double luas;
        luas = pi * r * r;
        System.out.println("luas lingkaran = " + luas);
    }
}

PENGGUNAAN TIPE DATA CHAR
public class tipechar {
public static void main(String[] args) {
char ch = 'A';
System.out.println("ch = " + ch);
ch++;
System.out.println("ch = " + ch);
}
}

PERNYATAAN INPUT PADA JAVA
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class inputkeyboard{
public static void main( String[] args ){
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
String name = "";
System.out.print("Ketikkan nama anda:");
try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hai " + name +"!");
}
}
PENGGUNAAN OPERATOR ARITMATIKA

public class demoaritmatika
{
public static void main(String[] args)
{
int i = 21;
int j = 38;
double x = 9.123;
double y = 12.78;
//Cetak nilai variabel
System.out.println("Nilai Variabel...");
System.out.println(" i = " + i);
System.out.println(" j = " + j);
System.out.println(" x = " + x);
System.out.println(" y = " + y);
//penjumlahan
System.out.println("Penjumlahan...");
System.out.println(" i + j = " + (i + j));
System.out.println(" x + y = " + (x + y));
//pengurangan
System.out.println("Pengurangan...");
System.out.println(" i - j = " + (i - j));
System.out.println(" x - y = " + (x - y));
//perkalian
System.out.println("Perkalian...");
System.out.println(" i * j = " + (i * j));
System.out.println(" x * y = " + (x * y));
//pembagian
System.out.println("Pembagian...");
System.out.println(" i / j = " + (i / j));
System.out.println(" x / y = " + (x / y));
//modulus
System.out.println("Sisa Hasil Bagi...");
System.out.println(" i % j = " + (i % j));
System.out.println(" x % y = " + (x % y));
//increment
System.out.println("Increment...");
System.out.println(" i++ = " + (i++));
System.out.println(" ++i = " + (++i));
System.out.println(" j++ + i = " + (j++ + i));
System.out.println(" ++j + i = " + (++j + i));
}
}







PENGGUNAAN OERATOR RELASIONAL

public class demorelasional
{
public static void main(String[] args) {
int i = 20;
int j = 16;
int k = 16;
//Cetak nilai variabel
System.out.println("Nilai variabel...");
System.out.println(" i = " + i);
System.out.println(" j = " + j);
System.out.println(" k = " + k);
//lebih besar dari
System.out.println("Lebih besar dari...");
System.out.println(" i > j = " + (i > j));
System.out.println(" j > i = " + (j > i));
System.out.println(" k > j = " + (k > j));
//lebih besar atau sama dengan
System.out.println("Lebih besar atau sama dengan...");
System.out.println(" i >= j = " + (i >= j));
System.out.println(" j >= i = " + (j >= i));
System.out.println(" k >= j = " + (k >= j));
//lebih kecil dari
System.out.println("Lebih kecil dari...");
System.out.println(" i < j = " + (i < j));
System.out.println(" j < i = " + (j < i));
System.out.println(" k < j = " + (k < j));
//lebih kecil atau sama dengan
System.out.println("Lebih kecil atau sama dengan...");
System.out.println(" i <= j = " + (i <= j));
System.out.println(" j <= i = " + (j <= i));
System.out.println(" k <= j = " + (k <= j));
//sama dengan
System.out.println("Sama dengan...");
System.out.println(" i == j = " + (i == j));
System.out.println(" k == j = " + (k == j));
//tidak sama dengan
System.out.println("Tidak sama dengan...");
System.out.println(" i != j = " + (i != j));
System.out.println(" k != j = " + (k != j));
}
}

PENGGUNAAN STRUKTUR PEMILIHAN IF
public class contohif {
public static void main(String[] args) {
int nilai = 68;
if( nilai > 60 ) System.out.println("Selamat anda lulus!");
}
}
PENGGUNAAN STRUKTUR PEMILIHAN IF ...ELSE

public class contohifelse {
public static void main(String[] args){
int nilai = 68;
if( nilai > 60 ) System.out.println("Selamat anda lulus!");
else System.out.println("Anda tidak lulus!");
}
}

PENGGUNAAN STRUKTUR PEMILIHAN IF ...ELSE..IF

public class contohifelseif {
public static void main(String[] args){
int nilai=68;
if(nilai > 90 ){
System.out.println("nilai yang sangat baik!");
}
else if(nilai > 60){
System.out.println("nilainya cukup!");
}
else{
System.out.println("anda tidak lulus!");
}
}
}

PENGGUNAAN SWITCH
public class control {
public static void main(String[] args) {
int a=2;
int b;
switch(a) {
case 1:
b = a + 1;
break;
case 2:
b = a + 2;
break;
case 3:
b = a + 3;
break;
case 4:
b = a + 4;
break;
default: b = 0;
}
System.out.println("Nilai b: " + b);
}
}

PENGGUNAAN FOR
public class contohfor {
public static void main(String[] args) {
int j=4;
for (int x=0; x < 5; x++) {
System.out.println("Nilai x: " + x);
System.out.println("Nilai j: " + j);
System.out.println();
j--;
}
}
}

PENGGUNAAN WHILE
public class contohwhile {
public static void main(String[] args) {
int y = 4;
while ( y > 0 ){
System.out.print(y);
y--;
}
}
}

PENGGUNAAN DO-WHILE
public class contohdowhile {
public static void main(String[] args) {
int z=3;
do {
System.out.println("Java");
z++;
} while (z < 6);
}
}

PENGGUNAAN BREAKhal 198

PENGGUNAAN COTINUE

PENGGUNAAN EXCEPTION TRY-CATCH
public class contohtry {
public static void main(String args[]) {
int a = 5, b = 0, c;
c = a/b;
System.out.println("c = " + c);
}
}

PENGGUNAAN EXCEPTION TRY-CATCH
public class DivByZero {
public static void main(String args[]) {
int a = 5, b = 0, c;
try {
c = a/b;
} catch (ArithmeticException exc) {
//Reaksi jika terjadi exception
System.out.println(exc);
}
System.out.println("Setelah exception");
}
}

PENGGUNAAN EXCEPTION TRY-CATCH hal 192

public class BanyakEksepsi {
public static void test(int a, int b) {
try {
int c = a / b;
System.out.println("Hasil bagi: " + c);
int[] Arr = {1,2,3,4,5}; // array dengan 5 elemen
Arr[10] = 11; // mengakses indeks ke-10
} catch (ArithmeticException ae) {
System.out.println("Terdapat pembagian dengan 0");
System.out.println(ae);
} catch (ArrayIndexOutOfBoundsException oobe) {
System.out.println("Indeks di luar rentang");
System.out.println(oobe);
}
}
public static void main(String[] args) {
test(4, 0); // menimbulkan ArithmeticException
System.out.println();
test(12, 4); // menimbulkan ArrayIndexOutOfBoundsException
}
}
PENGGUNAAN EXCEPTION TRY-CATCH DAN THROW

class ThrowDemo {
public static void main(String args[]){
String input = "Salah input";
try {
if (input.equals("Salah input")) {
throw new
RuntimeException("Demonstrasi Throw");
} else {
System.out.println(input);
}
System.out.println("Setelah throw");
} catch (RuntimeException e) {
System.out.println("Exception ditangkap di sini.");
System.out.println ("e");
}
}
}

PENGGUNAAN EXCEPTION TRY-CATCH DAN FINALLY
class DemoFinally {
private static int i = 0;
public static void main(String[] args) {
while (true) {
try {
System.out.println("Pada saat i = " + i + ": ");
if (i++ == 0) {
throw new Exception(); // melempar exception
}
System.out.println("Tidak terjadi exception");
} catch (Exception e) {
System.out.println("Terdapat exception");
} finally {
System.out.println("Pernyataan dalam blok finally\n");
if (i == 2) {
break; // pada saat i==2, pengulangan akan berhenti
}
}
}
}
}
PENGGUNAAN THREAD UTAMA
class ThreadUtama {
public static void main(String[] args)
throws InterruptedException {
// mendapatkan thread yang sedang aktif
Thread tUtama = Thread.currentThread();
// menampilkan informasi tentang thread
System.out.print("Informasi thread: ");
System.out.println("tUtama.toString()");
for (int i=0; i<5; i++) {
System.out.println("Detik ke-" + (i+1));
Thread.sleep(1000); // membuat delay selama 1 detik
}
}
}
PENGGUNAAN THREAD DENGAN INTERFACE RUNNABLE

class TestRunnable implements Runnable {
// mengimplementasikan method run() yang dideklarasikan
// di dalam interface Runnable
public void run() {
System.out.println("Thread anak dieksekusi");
}
}
class PenerapanRunnable {
public static void main(String[] args) {
// (LANGKAH KE-1): membuat objek Runnable
TestRunnable obj = new TestRunnable();
// (LANGKAH KE-2): membuat objek Thread dengan melewatkan objek Runnable
Thread t = new Thread(obj);
// (LANGKAH KE-3) : menjalankan thread t.start();
System.out.println("Thread utama dieksekusi");
}
}
PENGGUNAAN MULTI THREAD
class MyThread1 extends Thread {
public void run() {
try {
for (int i=0; i<10; i++) {
System.out.println("Thread pertama: detik ke-" + (i+1));
if (i != 9) {
sleep(1000);
} else {
System.out.println("Thread pertama selesai...\n");
}
}
} catch (InterruptedException ie) {
System.out.println(ie.getMessage());
}
}
}
class MyThread2 extends Thread {
public void run() {
try {
for (int i=0; i<5; i++) {
System.out.println("Thread kedua: detik ke-" + (i+1));
if (i != 4) {
System.out.println();
sleep(1000);
} else {
System.out.println("Thread kedua selesai...\n");
}
}
} catch (InterruptedException ie) {
System.out.println(ie.getMessage());
}
}
}
class DemoMultipleThread {
public static void main(String[] args) {
MyThread1 t1 = new MyThread1();
t1.start();
MyThread2 t2 = new MyThread2();
t2.start();
}
}

PENGGUNAAN PEMBUATAN KELAS SEDERHANA
class Siswa
{
String name;
String alamat;
int usia;
}
PENGGUNAAN PEMBUATAN KELAS
class Siswa {
String nama;
String alamat;
int usia;
}
public class DataSiswa {
public static void main(String[] args) {
Siswa siswa1 = new Siswa();
siswa1.nama = "Roni";
siswa1.alamat = "Mergosono Gg. 1 No. 34";
siswa1.usia = 23;
System.out.println("Nama :" + siswa1.nama);
System.out.println("Alamat :" + siswa1.alamat);
System.out.println("Usia :" + siswa1.usia);
}
}
PENGGUNAAN PEMBUATAN KELAS
class Siswa {
String nama;
String alamat;
int usia;
}
public class DataSiswa {
public static void main(String[] args) {
Siswa siswa1 = new Siswa();
siswa1.nama = "Roni";
siswa1.alamat = "Mergosono Gg. 1 No. 34";
siswa1.usia = 23;
System.out.println("Nama :" + siswa1.nama);
System.out.println("Alamat :" + siswa1.alamat);
System.out.println("Usia :" + siswa1.usia);
}
}

PENGGUNAAN PEMBUATAN KELAS YANG MEMPUNYAI METHOD
class Siswa {
String nama;
String alamat;
int usia;
double nilaiMatematika;
double nilaiBhsInggris;
double nilaiBhsIndonesia;
double rerata;
// Menghasilkan nama dari Siswa
public String getNama(){
return nama;
}
// Mengubah nama siswa
public void setNama( String temp ){
nama = temp;
}
// Menghitung rata – rata nilai
public double getRerata(){
rerata = (
nilaiMatematika+nilaiBhsInggris+nilaiBhsIndonesia )/3;
return rerata;
}
}
public class DataSiswa2 {
public static void main(String[] args) {
Siswa siswa1 = new Siswa();
siswa1.setNama("Rony");
siswa1.nilaiMatematika = 67;
siswa1.nilaiBhsInggris = 87;
siswa1.nilaiBhsIndonesia = 59;
System.out.println("Nama :" +
siswa1.getNama());
System.out.println("Nilai Matematika :" +
siswa1.nilaiMatematika);
System.out.println("Nilai Bahasa Inggris :" +
siswa1.nilaiBhsInggris);
System.out.println("Nilai Bahasa Indonesia :" +
siswa1.nilaiBhsIndonesia);
System.out.println("Rerata :" +
siswa1.getRerata());
}
}
PEMBUATAN METHOD TANPA PENGEMBALIAN NILAI
class Bangun {
double panjang;
double lebar;
// Mendefinisikan method void (tidak mengembalikan nilai)
void cetakLuas() {
System.out.println("Luas bangun = " + (panjang*lebar));
}
}
class pakaiBangun {
public static void main(String[] args) {
Bangun b1, b2;
// instansiasi objek
b1 = new Bangun();
b2 = new Bangun();
// mengisi data untuk objek b1
b1.panjang = 4;
b1.lebar = 3;
// mengisi data untuk objek b2
b2.panjang = 6;
b2.lebar = 5;
// memanggil method cetakLuas() untuk masing-masing objek
b1.cetakLuas();
b2.cetakLuas();
}
}

PEMBUATAN METHOD DENGAN PENGEMBALIAN NILAI
class Bangun {
double panjang;
double lebar;
// Mendefinisikan method yang mengembalikan nilai
double hitungLuas() {
double luas = panjang * lebar;
return luas;
}
}
class pakaiBangun1 {
public static void main(String[] args) {
Bangun b1, b2;
// instansiasi objek
b1 = new Bangun();
b2 = new Bangun();
// mengisi data untuk objek b1
b1.panjang = 4;
b1.lebar = 3;
// mengisi data untuk objek b2
b2.panjang = 6;
b2.lebar = 5;
// memanggil method hitungLuas() untuk masing-masing objek
System.out.println("Luas b1 = " + b1.hitungLuas());
System.out.println("Luas b2 = " + b2.hitungLuas());
}
}
PEMBUATAN METHOD DENGAN ARGUMEN

class Bangun {
double panjang;
double lebar;
// method dengan argumen
void isiData(double p, double l) {
panjang = p;
lebar = l;
}
// method yang mengembalikan nilai
double hitungLuas() {
double luas = panjang * lebar;
return luas;
}
}
class pakaiBangun2 {
public static void main(String[] args) {
Bangun b;
// instansiasi obyek
b = new Bangun();
// memanggil method isiData dan mengisi argumennya
b.isiData(6,8);
// memanggil method hitungLuas() untuk objek b
System.out.println("Luas b = " + b.hitungLuas());
}
}
PEMBUATAN CLASS DENGAN CONSTRUCTOR

PENERAPAN INHERITANCE
PENERAPAN INHERITANCE UNTUK MENGHITUNG LUAS DAN VOLUME
class Bangun {
protected double panjang;
protected double lebar;
// constructor default
Bangun() {
panjang = lebar = 0;
}
Bangun(double p, double l) {
panjang = p;
lebar = l;
}
// method yang mengembalikan nilai
public double hitungLuas() {
double luas = panjang * lebar;
return luas;
}
}
class Box extends Bangun {
private double tinggi;
// constructor class Box
Box (int p, int l, int t) {
panjang = p;
lebar = l;
tinggi = t;
}
public double getTinggi() {
return tinggi;
}
public double hitungVolume() {
double volume = panjang * lebar * tinggi;
return volume;
}
}
class inheritBangun {
public static void main(String[] args) {
Box kotak;
// instansiasi obyek
kotak = new Box(6, 8, 3);
// memanggil method hitungLuas(), getTinggi() dan hitung volume()
System.out.println("Luas salah satu sisi = " + kotak.hitungLuas());
System.out.println("Tinggi kotak = " + kotak.getTinggi());
System.out.println("Volume kotak = " + kotak.hitungVolume());
}
}


PENERAPAN OVERRIDING
class Bangun {
// method umum
public double hitungLuas() {
System.out.println("Method belum terdefinisi");
return 0;
}
}
class Segitiga extends Bangun {
private double alas;
private double tinggi;
Segitiga (int a, int t) {
alas = a;
tinggi = t;
}
// overriding method hitungLuas()
public double hitungLuas() {
double luas = 0.5 * alas * tinggi;
return luas;
}
}
class overridingBangun {
public static void main(String[] args) {
Segitiga s;
// instansiasi obyek
s = new Segitiga(6, 8);
// memanggil method hitungLuas() dari subclass Segitiga
System.out.println("Luas segitiga = " +s.hitungLuas());
}
}

CONTOH OVERLOADING
class Bangun {
// method umum
public double hitungLuas() {
System.out.println("Method belum terdefinisi");
return 0;
}
}
class BujurSangkar extends Bangun {
private double sisi;
// overload method hitungLuas()
public double hitungLuas(double sisi) {
double luas = sisi * sisi;
return luas;
}
}
class overloadBangun {
public static void main(String[] args) {
BujurSangkar b;
// instansiasi obyek
b = new BujurSangkar();
// memanggil method hitungLuas() dari subclass BujurSangkar
System.out.println("Luas BujurSangkar = " + b.hitungLuas(6));
}
}
PENERAPAN POLYMORPHISM
PEMBUATAN INTERFACE
interface Bentuk {
public double luas();
public double volume();
}

0 Perintah Dasar Manipulasi String pada Java

fungsi - fungsi manipulasi string dasar yang ada pada java diantaranya :
  • charAt() => Mengambil sebuah karakter yang ada pada sebuah string
  • compareTo() => Membandingkan 2 buah string apakah lebih kecil atau lebih besar secara lexicographical
  • compareToIgnoreCase() => Membandingkan 2 buah string apakah lebih kecil atau lebih besar secara lexicographical dengan mengabaikan huruf besar dan kecil
  • concat() => Menggabungkan nilai dari 2 buah string
  • contains() => Memeriksa apakah sebuah string mengandung kata-kata tertentu
  • endsWith() => Memeriksa beberapa karakter terakhir dari sebuah string
  • equals() => Memeriksa apakah 2 string memiliki nilai yang sama
  • equalsIgnoreCase() => Memeriksa apakah 2 string memiliki nilai yang sama dengan mengabaikan huruf besar dan kecil
  • indexOf() => Mencari posisi sebuah kata dalam suatu string, Jika kata tersebut banyak ditemukan dalam string tersebut maka yang direturn adalah posisi dari kata yang ditemukan pertama kali
  • isEmpty() => Memeriksa apakah sebuah string isinya kosong
  • lastIndexOf() => Mencari posisi sebuah kata dalam suatu string, Jika kata tersebut banyak ditemukan dalam string tersebut maka yang direturn adalah posisi dari kata yang ditemukan terkhir
  • length() => Memberikan jumlah panjang karakater dari sebuah string
  • replace() => Mereplace String dengan beberapa karakter
  • replaceAll() => Mereplace String dengan String
  • split() => Memecah String menjadi beberapa bagian berdasarkan kategori tertentu
  • startsWith() => Cek karakter awal dari sebuah string
  • substring() => Mengambil beberapa karakter pada posisi tertenty dari sebuah string
  • toCharArray() => Memecah sebuah string menjadi sebuah Array karakter
  • toLowerCase() => Memformat sebuah string menjadi huruf kecil semua
  • toString() => Konversi tipe data menjadi String
  • toUpperCase() => Memformat sebuah string menjadi huruf kapital
  • trim() => Menghilangkan karakater white space yang berada di depan atau dibelakang sebuah String
  • valueOf() => Konversi dari tipe data lain menjadi String 

0 cara bikin koneksi ke database dengan netbeans

secara umum koneksi ke database merupakan bagaimana cara kita agar database yang kita bikin sebelumnya bisa tersambung dengan project yang kita bikin di netbeans. baiklah, berikut ini cara untuk mengkoneksikan database dengan project yang kita bikin :

a. mengaktifkan driver JDBC
   Class.forName("com.mysql.jdbc.driver");
 
   atau jika sudah setting classpathnya, bisa langsung dengan perintah :
   Class.forName("jdbc.driver");

b. membuat koneksi
   langkah berikutnya adalah melakukan koneksi ke database, berikut perintahnya :
   Connection con = DriverManager.getConnection(url, usr, pwd);
 
   dimana :
   - con adalah variabel bertipe Connection
   - url adalah informasi jenis database + host database + nama database
   - usr adalah username untuk koneksi ke database
   - pwd adalah password untuk masuk ke database


pada dibawah ini contoh koding untuk koneksi ke database :

public class KoneksiDB {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
  
    Connection connection = null;
  
    public void sambungkanDatabase(
            String namaServer, String namaDatabase,
            String username, String password
            ) throws SQLException {
        try {          
            String driverName="com.mysql.jdbc.Driver";
            Class.forName(driverName);
            String url="jdbc:mysql://"+ namaServer + "/" + namaDatabase;
          
            connection= DriverManager.getConnection(url, username, password);
            JOptionPane.showMessageDialog(null,"Koneksi ke database tersambung....");
        } catch (ClassNotFoundException ex) {
            Logger.getLogger(KoneksiDB.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
        }
    }
  
    public static void main(String[] args) throws SQLException {
        // TODO code application logic here
        KoneksiDB kd= new KoneksiDB();
        kd.sambungkanDatabase("localhost", "mahasiswa", "root", "");
    }
}


pada class koneksiDB diatas namaServer, namaDatabase, username dan password merupakan variabel yang bertipe string.
pada try...catch, coding ini fungsinya untuk penanganan kalo terjadi kesalahan pada pengcodingan. sama juga seperti throws exception jadi cara kerjanya program yang diperkirakan terjadi kesalahan di taruh di try,, seterusnya catch berfungsi untuk meletakkan listing program untuk menangani kesalahan pada program yang ada di block try.

pada bentuk lain yaitu :
public static void main(String[] args) throws SQLException {
        // TODO code application logic here
        KoneksiDB kd= new KoneksiDB();
        kd.sambungkanDatabase("localhost", "mahasiswa", "root", "");
    }
}

sama dengan fungsi try..catch yakni menangani kesalahan pada coding sebelumnya dan menjalankan coding throw exception...
Jika klausa throws digunakan, maka subrutin lain yang memanggil subrutin kita akan bertanggung jawab menangani pengecualian tersebut. Jika kita tidak menangani pengecualian tersebut dengan cara-cara di atas, maka java akan menganggap sebagai kesalahan coding.

0 Program input data ke tabel dengan netbeans

Sebelum kita menginput data ke dalam sebuah tabel, pastikan dulu anda sudah membuat database dan sebuah tabel. Pada project kali ini buat lah sebuah database dengan nama mahasiswa dan satu buah tabel dengan nama siswa.
Npm (Varchar,10) PK
Nama (Varchar,25)
Jurusan (Varchar,25)
Telp (Varchar,13)

Tambahkan sebuah class dengan nama mahasiswa, desain form seperti dibawah ini:


Tuliskan koding dibawah ini :
package prjakademik;
import java.awt.HeadlessException;
import java.sql.*;
import javax.swing.*;
import javax.swing.table.*;
/**
 *
 * @author Rui
 */
public final class mahasiswa extends javax.swing.JFrame {
   public Connection conn;
   public Statement cn;
    /**
     * Creates new form mahasiswa
     */
    public mahasiswa() {
        initComponents();
        bersih();
        tampildata();
        jComboBox1.addItem("-- PILIH --");
        jComboBox1.addItem("Sistem Informasi");
        jComboBox1.addItem("Teknik Informatika");
        jComboBox1.addItem("Manajemen Informatika");
       
    }

Tambahkan sebuah method di class mahasiswa dengan nama koneksi, fungsinya untuk mengkoneksikan ke database yang kita bikin tadi.
    public void koneksi(){
        try{
            Class.forName("com.mysql.jdbc.Driver");
            conn=DriverManager.getConnection("jdbc:mysql://localhost:3306/mahasiswa","root","");
            cn=conn.createStatement();
        } catch(ClassNotFoundException | SQLException e) {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "koneksi gagal....");
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
  
//  method bersih
    public void bersih(){
        jTextField1.setText("");
        jTextField2.setText("");
        jTextField3.setText("");
        jComboBox1.setSelectedItem("-- PILIH --");
    }
  
 // method tampil data
    public void tampildata(){
        DefaultTableModel tblmhs = new DefaultTableModel();
        tblmhs.addColumn("Npm");
        tblmhs.addColumn("Nama");
        tblmhs.addColumn("Jurusan");
        tblmhs.addColumn("Telp");
       
        try{
            koneksi();
            String sql="Select * from siswa order by npm asc";
            ResultSet rs=cn.executeQuery(sql);
            while (rs.next())
            {
                tblmhs.addRow(new Object[]{
                rs.getString(1),
                rs.getString(2),
                rs.getString(3),
                rs.getString(4)
            });
            }
            jTable1.setModel(tblmhs);
        } catch (Exception e) {
          JOptionPane.showMessageDialog(null,"Ada Kesalahan...."); 
        }
    }
   
   
Coding  pada tombol simpan….
Double klik tombol simpan atau klik kanan-event-actionperfomed dan ketikkan koding dibawah ini :
private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
        // button simpan
        try{
            koneksi();
            String sql="Insert into siswa values('"+jTextField1.getText()+"','"+jTextField2.getText()+"','"+jComboBox1.getSelectedItem()+"','"+jTextField3.getText()+"')";
            cn.executeUpdate(sql);
            conn.close();
            tampildata();
            bersih();
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Data berhasil di simpan");
        } catch (SQLException | HeadlessException e) {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Proses penyimpanan gagal/koneksi gagal..");
            System.out.println(e.getMessage());
            JOptionPane.showMessageDialog(null,"No Npm : "+jTextField1.getText()+" sudah ada...!!!");
            System.out.println(e.getMessage());
            bersih();
        }
        jComboBox1.setSelectedItem("-- PILIH --");
    }                                       

Coding pada tombol edit….  
 private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
        // button edit
        try{
           
            koneksi();
            String sql="Update siswa set nama='"+jTextField2.getText()+"',"+"jurusan='"+jComboBox1.getSelectedItem()+"',"+"telp='"+jTextField3.getText()+"'"+"where npm='"+jTextField1.getText()+"'";
            cn.executeUpdate(sql);
            conn.close();
            tampildata();
            bersih();
            JOptionPane.showMessageDialog(null,"Data berhasil di rubah");
           
        } catch (Exception e) {
            JOptionPane.showMessageDialog(null,"Proses update gagal/koneksi gagal...");
            System.out.println(e.getMessage());
        }
        jTextField1.setEnabled(true);
        jButton1.setEnabled(true);
        jComboBox1.setSelectedItem("-- PILIH --");
    }                                       

Coding pada tombol hapus….
    private void jButton3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
        // button hapus
        try{
           
            koneksi();
            String sql="delete from siswa where npm='"+jTextField1.getText()+"'";
            cn.executeUpdate(sql);
            conn.close();
            tampildata();
            bersih();
            JOptionPane.showMessageDialog(null,"Data berhasil di hapus");
           
        } catch (Exception e) {
            JOptionPane.showMessageDialog(null,"Proses hapus gagal/koneksi gagal...");
            System.out.println(e.getMessage());
           
        }
        jTextField1.setEnabled(true);
        jButton1.setEnabled(true);
        jComboBox1.setSelectedItem("-- PILIH --");
    }                                       

Coding pada tombol baru…
private void jButton4ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        // TODO add your handling code here:
        bersih();
        jTextField1.setEnabled(true);
        jButton1.setEnabled(true);
        jComboBox1.setSelectedItem("-- Pilih --");
    }

Coding pada tombol keluar....
 private void jButton5ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
        // button keluar
        System.exit(0);
    }

Pada tabel klik kanan event-mouse-mouse clicked dan masukkan koding berikut :
    private void jTable1MouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
        int table=jTable1.getSelectedRow();
        //mengambil data dari table
        String a=jTable1.getValueAt(table, 0).toString();
        String b=jTable1.getValueAt(table,1).toString();
        String c=jTable1.getValueAt(table,2).toString();
        String d=jTable1.getValueAt(table, 3).toString();
       
        jTextField1.setText(a);
        jTextField2.setText(b);
        jComboBox1.setSelectedItem(c);
        jTextField3.setText(d);
        jTextField1.setEnabled(false);
        jTextField2.requestFocus();
        jButton1.setEnabled(false);
    }  

0 APLIKASI SEDERHANA JAVA NETBEANS

Untuk teman - teman yang baru belajar java netbeans, pasti butuh tutorial atau contoh-contoh program sederhana java netbeans,,, nah kali ini saya akan shar tentang contoh aplikasi sederhana yang bisa teman - teman download .....
ini adalah gambar ketika program tersebut di run...




 Bagi teman - teman yang ingin belajar dan ingin lebih tau banyak lagi. Silahkan aja teman - teman download programnya dibawah ini. Semoga bermanfaat......
Aplikasi Sederhana dengan Netbeans  DOWNLOAD
 

TUTORIAL KARTIWA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates