Sabtu, 02 Februari 2013

0 Tips & Trik belajar Programming ala Gue!

Berhubung suka ada yang nanya sama gue mengenai tips dan trik programming, padahal gue juga newbie sama kayak yang nanya yah mending gue share disini aja deh ya.. Sekalian bantu2 naekin traffic blog gue deh.. Ya ga? Hehehe.. Gue juga sebenernya bukan programmer PRO.. Gue juga sebenernya bukan Programmer web.. Gue lebih kearah Programming Desktop Application.. Sedangkan untuk website itu gue cuma modifikasi aja karena gue emang pake CMS.. Hehehe..
Oke ya jadi yang gue bahas mengenai programming desktop app aja yaa.. Lebih tepatnya programming Visual Basic 6.0 karena emang gue lebih menekuni VB 6.0 ini walaupun kata orang2 sih VB 6.0 ini udah lewat umur.. Alias bakal ketinggalan.. Tapi gak apalah buat gue.. Yang penting gue bisa menghasilkan sebuah program yang menguntungkan untuk orang lain yang belum tentu orang lain bisa bikin program kayak apa yang bisa gue bikin.. Hehehe.. Piss..
Oke, pertama yang harus lo pelajarin itu pastinya command2 dasar pemrograman deh.. Kayak If Then Else End If, For Each, Do Loop, Do While, dan yang lainnya deh..
Yang kedua, mulai asah logika pemrograman lo.. Mulai belajar algoritma pemrograman.. Bukan Logaritma loh.. Hehehe.. Tapi kebanyakan orang biasa menentukan algoritma sebuah program setelah program itu sendiri jadi.. Itupun kata guru gue waktu SMA loh.. Hehe.. Logika pemrograman itu misalnya gini loh.. Kya lo bikin batu loncatan.. Dari sini lo mau kemana, Dari situ mau kemana, Dan seterusnya.. Misalnya aja lo pengen beli permen ke warung, pertama kan cek dompet ada duit apa kaga, kalo ada lo keluar rumah lo tentuin ke warung mau jalan kaki apa naek motor, kalo naek motor lo cek ada bensin apa ngga, kalo ada bensin, lo nyalain motor, terus jalan ke warung sampe akhirnya lo balik lagi kerumah dengan permen yang lo beli.. Begitulah kira2.. Intinya sih alur dari si program itu sendiri.. Dari A-Z harus pasti.. Kalo lo udah bisa nentuin itu semua, pasti lo bisa tau command yang harus di pake apaan.. Misalnya aja dari pas nentuin naek motor ato jalan kaki, berarti lo bisa pake rumus IF misalnya.. Sampe rumus jadi kyak gini :
If Jalan_Kaki then
Jalan Ke warung
else (else berarti naik motor)
Cek Bensin
Nyalain Motor
Bla bla bla
End If
Ya begitulah kira2.. Gue cuma kasih contoh sederhana aja loh disini.. Jangan malah dibikin pusing.. Intinya itu alur dari program yang pengen lo buat mesti jelas.. Kalo tombol ini ditekan, maka program melakukan A.. Jika tombol B ditekan, maka program akan melakukan B dan seterusnya sampe Jika program ditutup..
Oke, kalo alur program lo udah pasti lancar, silahkan pelajari Trik belajar programming lanjutan ala gue.. Hehehe..
Biasain kalo lagi ada duit itu beli buku mengenai programming.. Jangan untuk pemula.. Tapi untuk tingkat menengah atau bahkan tingkat Atas.. Biarpun emang newbie, tapi beli aja yang tingkat menengah keatas.. Soalnya kalo buku2 untuk pemula biasanya isinya itu sama aja.. Basic banget, jadi percuma.. Nah.. Satu hal yang pengen gue camkan disini.. Jangan jadikan buku2 itu sebagai pembimbing atau penuntun dalam pembelajaran Programming lo.. Tapi jadikan buku2 itu sebagai Referensi yang lo baca cuma pas lo nemuin sesuatu yang sulit atau lo emang udah Stuck di suatu kondisi.. Awalnya emang lo mesti baca2 buku itu sih.. Tapi jangan lo bikin 1 program itu dengan cara ngikutin semua tutor yang ada di buku.. Kalo gue sih, gue biasanya bca2 buku pemrograman itu pas lagi ga di depan komp.. Tapi pas lagi pengen molor, ato pas lagi di kamar mandi.. Hehehe.. Jadi gue cuma ngebayang2in aja “Ohh, fungsi ini ternyata buat ini, Fungsi itu ternyata buat itu..” Dari situ, setelah gue tau fungsi2 yang tersedia di buku untuk apa aja, gue coba buat bikin program yang beda sama yang ada di buku tapi dengan fungsi yang sama.. Ngerti gak ya kira2..? Misalnya aja gue pengen bikin program Database.. Yang dibuku disuruh bikin Fieldnya A,B,C,D,E.. Tapi gue bikin Fieldnya itu F,G,H,I,J dan disana gue bikin sesuatu yang berbeda dengan yang dibuku.. Misalnya aja di buku itu Semuanya pake Control Textbox.. Tapi kalo gue bikin pake Control Listbox atau ComboBox deh misalnya.. Jadi ada sesuatu yang beda gitu kesannya gak ngikutin banget.. Jadi istilahnya kalo di buku itu bersifat biasa, tapi pas gue bikin itu jadi lebih keliatan Luar Biasa.. Hehehe.. Karena gue emang suka banget bikin program yang aneh2..
Satu tips terakhir buat lo, Biasain buat download Source code punya orang lain di website2 yang menyediakan File2 Project VB.. Setelah itu, lo jalanin programnya.. Pahamin alur programnya gimana.. Kalo alur programnya udah tau begimana, intip scriptnya.. Pelototin deh tuh script.. Lo cari tau fungsi2 yang di pake di Program itu apa aja, kalo bisa ya sesuaiin sama alur program yang udah lo pahamin itu.. Lo urutin sesuai sama alurnya.. Soalnya terkadang programmer itu bikinnya gak sesuai dengan alur program yang ada.. Contohnya ya gue.. Hehehe.. Gue suka ngasal aja taronya di mana2.. Yang penting alurnya sesuai.. Hehehe.. Malah kadang2 ada yang ketinggalan, jadi masukkinnya malah belakangan.. Hahahaha..
Gue cuma mau kasih masukkan buat lo..
Beruntunglah buat lo yang belajar programming dari 0 yang secara otodidak dan tanpa diajarin sama orang lain.. Otodidak disini maksud gue bukan cuma dari buku ya.. Ya nonton video tutorial dari Youtube juga termasuk Otodidak kalo buat gue sih kalo di dunia programming.. Karena gue ga bisa nanya sama si video itu.. ehehe.. Kenapa? Soalnya kalo lo belajar secara otodidak itu lo punya keuntungan sendiri.. Dimana pas lo nemuin suatu kesalahan yang mengakibatkan program error, Debug dan sebagainya, lo jadi tau errornya itu di mana.. Kan kalo di VB udah di highlight ya yang error di bagian apa.. Jadi bisa tau errornya di mana.. Lain sama yang diajarin.. Kalo diajarin itu, biasanya dengan mudahnya nanya “Ini salahnya di mana” terus tutornya ngasih tau deh.. Jadi gak bersifat mandiri gitu deh maksud gue.. Hehehe..
At least, gue cuma mau bilang..
  1. Programming bukanlah sesuatu yang susah. Ingat pepatah. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan. Kalo mau belajar, apa sih yang ga bisa.. Belajar dari kesalahan. Belajar jalan aja ada jatohnya.. Belajar programming ada aja errornya.. Jadi jangan takut error.. Karena dari error itu kita tau mana yang boleh kita lakuin, mana yang ngga..
  2. Programming bukanlah sesuatu yang bersifat memaksa.. Maksud gue, pas lo pengen bikin suatu program dan selesai menyusun sebuah script dan ternyata script itu bentrok, lo gak boleh maksain hal itu.. Gak cuma 1 script yang bisa di pake.. Tapi banyak.. Itulah yang gue bilang bersifat memaksa.. Karena kami (bukan cuma gue berarti, banyak programmer yang bilang) semua itu bisa di akal2in.. Biarpun malah muter2, tapi ya daripada bentrok kan.. Hehehe..
  3. Belajar programming jangan kebanyakan ngeluh.. Karena kalo lo ngeluh, yang ada lo malah males.. Karena di dunia programming itukalo menurut gue bakal banyak banget yang harus lo kuasain.. Dan lo bisa nguasain 1 bahasa pemrograman aja, itu berarti lo bisa nguasain banyak bahasa pemrograman.. Karena sebenernya semua bahasa pemrograman itu sama aja.. Cuma syntaxnya beda.. Alur lo bisa, basic lo bisa, pasti lo bisa jalanin bahasa pemrograman itu.. Misal.. Di PHP juga lo nemu kok fungsi IF.. Di Java juga ada kok fungsi IF.. Bener kan ya? Hehehe..
  4. Jangan cepet ngerasa puas pas belajar programming.. Gue tau rasanya kalo udah selesai bikin suatu program yang lo pengenin itu rasanya puass banget.. Tapi jangan berenti nyampe situ.. Simpen semua file pemrograman lo.. Kya gue gini deh coba.. Bikin 2 Folder.. Yang satu “All My Project” yang berisi semua program yang finish.. Dan satu lagi “My Rfrence” yang berisi semua command2 yang di pake di program2 yang udah finish.. Maksud gue command2 yang gak biasa.. ngerti kan ya..? Hehehe..
  5. Terakhir.. Lo harus siap keilangan waktu tidur lo.. Karena kalo lo emang udah keranjingan di dunia pemrograman, lo bakal keilangan waktu tidur lo dan ngabisin waktu lo di depan komp buat melototin script2 demi menyelesaikan program lo itu..
Semoga berguna dan bermanfaat yaaa.. Hehehe.. Kalo ada yang kesulitan, boleh kok tukeran ilmu ato diskusi bareng gue.. Kalo emang gue bisa, pasti gue bantu kok.. Silahkan add FB gue aja.. Tuh ada di sidebar kanan kok.. Hehehe..

0 komentar:

Posting Komentar

 

TUTORIAL KARTIWA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates