Kamis, 10 April 2014

2 Cara Membuat Animasi Teks Bergerak Dari Atas Dengan Java dan NetBeans

Pada tutorial ini, saya belajar membuat animasi teks bergerak seperti pada gambar di bawah ini:
Tulisan “Belajar Teks Bergerak” pada gambar di atas akan bergerak dari atas ke bawah. Berikut ini langkah-langkahnya:
1.      Buka NetBeans IDE 6.8
2.      Klik File – New Project
3.      Klik Java
4.      Klik Java Application
5.      Klik tombol Next

6.      Lakukan setting berikut:
a.       Project Name: TeksGerak
b.      Project Location: D:\100java (atau direktori anda)
c.       Hilangkan tanda centang di kotak Main Class
7.      Klik Finish
8.      Klik kanan di project TeksGerak
9.      Lihat gambar berikut:
10.  Klik New
11.  Klik JFrame Form
12.  Ketik di kotak Class Name: TeksGerakJFrame
13.  Klik tombol Finish
14.  Klik tombol Source
15.  Perhatikan gambar berikut:
16.  Di atas teks public class TeksGerakJFrame extends javax.swing.JFrame {
Ketik script berikut:
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;
17.  Edit teks public class TeksGerakJFrame extends javax.swing.JFrame {
menjadi:
public class TeksGerakJFrame extends  JFrame implements Runnable {
18.  Di bawah teks public class TeksGerakJFrame extends  JFrame implements Runnable {
Ketik script berikut:
Thread th = new Thread (this);
int x=10;
public TeksGerakJFrame(){
setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
setVisible(true);
setSize(300,300);             // ukuran frame
setLocation(500,0);         //letak frame di layar
th.start();
}
public void paint(Graphics g){
g.clearRect(0, 0, 300, 300);         //penghapusan jejak langkah perpindahan string
g.drawString("Belajar Teks Bergerak", 95, x);       //arah pergeseran string, x atau y
}
public void run(){
int y=0;
while(true){
try {
th.sleep(100);     //kecepatan jalannya string
x+=10;                 //langkah(spasi)pergerakan string ke bawah
if(x==300){
x=0;}                   //tempat mulainya perulangan
if (x>=290){    //tempat string menghilang/berhenti ketika di break
y++;
if(y==0){   //apabila teks ingin berhenti dalam pengulangan ke 3, maka angka 0 harus diganti dengan 3
break;
}
}
}
catch (Exception e) {
}repaint();
}
}
19.  Hapus tulisan berikut:
public TeksGerakJFrame() {
        initComponents();
}
20.  Di bawah teks public static void main(String args[]) {
Ketik script berikut:
new TeksGerakJFrame();
21.  Edit tulisan public static void main(String args[]) {
Menjadi:
public static void main(String[] args) {
22.  Di paling bawah, hapus tulisan berikut:
java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {
            public void run() {
                new TeksGerakJFrame().setVisible(true);
            }
        });
23.  Jalankan program (Run – Run File)
24.  Selesai.

2 komentar:

  1. terimas kasih sbelumnya gan atas postingannya, sangat membantu(y)..

    mau nambahin pertanyaan nih gan hehe.
    1. gimana caranya tulisannya di kasi berjalan ke samping/horizontal?
    2. gimana caranya ngasi tombol stop dan play agar tulisannya bisa di pause gitu?

    saya masih newbie dalam pemrograman java gan, makasih sebelumnya.

    BalasHapus

 

TUTORIAL KARTIWA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates